Selasa, 11 Juni 2013

Belajar teknik Sweep Picking pada Gitar


Yup! Kali ini kita akan coba membahas belajar teknik sweep picking pada gitar.
Kita tahu meskipun ada banyak licks dan contoh di luar sana, tidak ada yang pernah benar-benar memecahkan mekanisme bagaimana teknik ini dapat bekerja. Akibatnya, banyak gitaris yang harus mencari tahunya dengan latihan sendiri hingga akhirnya putus asa.
Pernahkah anda memperhatikan orang yang sedang mempelajari teknik ini (sweep picking) ? Kebanyakan mereka akan berulang kali melakukan kesalahan yang sama :
“NOT yang sudah selesai dimainkan tetap mengeluarkan bunyi, sementara mereka sudah memainkan NOT selanjutnya.”
Padahal kita ketahui, teknik sweep picking yang benar adalah  not harus dibunyikan satu per-satu. Artinya setiap not yang sudah dimainkan harus SEGERA di “mute/matikan” dengan melepaskan jari kita dari senar yang sedang kita tekan tersebut dan lanjut memainkan not berikutnya.
teknik-gitar-kita
Cara terbaik untuk belajar sweep picking untuk pertama kalinya adalah denganmemisahkan latihan antara tangan kanan dan tangan kiri, melatihnya secara terpisah dan kemudian mengkoordinasikan (menghubungkan) keduanya.

Tangan Kanan

Pada dasarnya, Anda harus membiarkan pick “Jatuh” dari senar atas ke  senar dibawahnya (menyapu kebawah) seperti ketika Anda memetik sebuah akord. Jangan mencoba untuk memisahkan sapuan pick (putus-putus).
Teknik ini akan terasa aneh pada awalnya, tapi bayangkan saja tangan kanan Anda sepertiSlinky (pegas) yang turun dari senar awal ke senar berikutnya; Hanya dengan membiarkannya jatuh (menyapu kebawah). Dan pada saat melakukan gerakan menyapu keatas (upstroke), seret pick ke atas di atas senar. Dan usahakan tangan kanan Anda tetap lemas dan santai, seakan terangkat oleh senar yang diikatkan pada pergelangan tangan Anda.

Tangan Kiri

Untuk menggunakan teknik sweep picking, Anda hanya bisa memainkan satu nada per-senar. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, Anda perlu SEGERA “mute/matikan” setiap senar dengan tangan kiri setelah dipetik agar senar tersebut langsung berhenti mengeluarkan “bunyi” satu sama lain sehingga tidak terdengar seperti bunyi akord yang dipetik dengan cara biasa.
Muting/ Mematikan senar dengan tangan kiri akan sedikit lebih sulit ketika dua atau lebih NOT berturut-turut berada dalam fret yang sama, seperti saat menyapu sebuah akord sehingga berbentuk arpeggio. Kuncinya untuk mematikan senar dengan benar dan membunyikan NOT tersendiri pada bentuk seperti ini adalah dengan menekuk jari (tangan kiri) anda saat menekan NOT yang berurut di fret yang sama tadi (GAMBAR 1.2).
Gambar 1.2
Teknik Menekuk Jari
Pada gambar diatas terlihat jari telunjuk ditekuk untuk menekan tiga senar sekaligus (2,3,4) dalam fret yang sama.
Ketika ingin melakukan latihan ini sebaiknya anda pemanasan terlebih dahulu untuk melemaskan jari-jari anda, dan tidak usah menekan senar-nya terlalu keras, karena ini bisa melukai sendi jari pada anda.

4 komentar:

Salam kenal....mohon izinkan saya berbagi link buat yg ingin belajar dan memperdalam berbagai tehnik gitar secara lengkap dan mengunduh materi untuk pemula, blues, jazz dlm bhs Indonesia silahkan kunjungi www.gitarzoom.blogspot.com
trimakasih

Salam kenal, mohon diizinkan untuk berbagi tautan anda bagi para pemula untuk belajar memainkan gitar dengan baik'
trimakasih....

Mute dalam 1 fret itu memang buat sakit hati

Mute dalam 1 fret itu memang buat sakit hati

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More